Thursday, April 24, 2008

SUDAHKAH ANDA DAN SAYA BERSYUKUR ?

Saya bisa dikatakan sebagai anak yang kadang kurang suka bersyukur kepada Tuhan. Saya sudah memiliki yang ini tapi saya masih selalu merengek-rengek kepada orang tua untuk dibelikan yang itu. Seringkali rasa tak puas itu muncul dan menyebabkan saya jarang bersyukur atas apa yang telah saya punya.
Setelah saya melihat-lihat keadaan kota Jakarta sekali lagi timbul rasa syukur yang sangat besar. Saya sangat bersyukur karena saya masih dapat hidup, memiliki keluarga yang lengkap dan harmonis, hidup berkecukupan, dapat bersekolah, dan memiliki teman-teman yang banyak. Kadang saya malu karena sering tidak bersyukur padahal Tuhan sudah baik sekali memberikan ini semua kepada saya.
Dan lewat tugas Religio ini saya makin betul-betul merasakan kebaikan Tuhan pada saya. Saya melihat dengan jelas kemiskinan yang dialami orang-orang banyak. Bagaimana susahnya mereka mencari nafkah untuk makan sehari-hari. Untuk membiayai anak mereka pun susahnya setengah mati. Ada pula perasaan prihatin dalam hati saya melihat itu semua.
Namun yang membuat saya justru kagum kepada mereka adalah perjuangan mereka untuk mencari nafkah yang luar biasa. Mereka rela bekerja siang-malam membanting tulang demi memenuhi kebutuhan hidup mereka. Itu pun belum tentu semua kebutuhan dapat terpenuhi.
Bagi saya orang seperti mereka betul-betul hebat. Semangat mereka selalu ada dan tidak pernah putus asa. Saya jadi merasa malu jika melihat mereka. Begitu mendapat kesulitan sedikit saya sudah menyerah padahal kesulitan yang saya alami tidak seberapa jika dibandingkan dengan kesulitan mereka. Sekarang saya jadi sering berpikir. Mereka saja tidak pernah putus asa masa saya yang baru begini saja sudah menyerah ?
Yang pasti setelah melihat sendiri dan mengetahui lebih dalam sisi kemiskinan, saya jadi lebih menghargai apa yang saya punya dan bersyukur kepada Tuhan. Saya betul-betul merasakan kebaikan Tuhan yang luar biasa. Dan pastinya saya lebih menghargai uang karena saya tahu betapa susahnya orang tua mencari nafkah untuk kebutuhan keluarga karena saya percaya dengan pepatah yang mengatakan hidup itu seperti roda. Ada saatnya di atas, ada pula saatnya untuk kempes. Dan bagi saya, tugas ini benar-benar telah membuka mata saya.



Cella ( X-4 / 16 )

No comments: